Senin, 21 November 2011


<<Eksotika Pulau Sempu>>

 Mulai dari timur ke barat lebih dari 3,9 kilometer, dengan pantai yang selaras dengan tebing curam dan kapur menyerah. Artinya, sekilas, gambar 'Pulau Sempu' yang terletak di bagian timur Pulau Jawa.
'Pulau' (pulau) 'Sempu' terletak sekitar 70 kilometer selatan pusat kota Malang ', Jawa Timur. Secara teknis, pulau ini adalah pemesanan alam bawah yurisdiksi 'BKSDA' IV (sumber daya alam stasiun konservasi) di Malang. Sementara dari sudut pandang administrasi pemerintahan kawasan ini termasuk dalam Penyelesaian Biru. Desa 'Tambakrejo', 'Sumbermanjing Wetan' Kecamatan, Kabupaten 'Malang', Jawa Timur.
Luas pulau ini membentang 3,9 kilometer dari timur ke barat, dan 3,6 kilometer dari utara ke selatan. Topografi pulau ini selama hampir 50% terdiri dari dataran berbukit, dengan kemiringan rata-rata mulai dari curam, di ketinggian 50 sampai 100 meter di atas permukaan laut. Bagian yang lebih besar dari pantai selaras dengan curam tebing batu kapur, yang merupakan karakteristik dari pulau-pulau di sepanjang Samudera Hindia.
Karakter ini juga khusus untuk pulau-pulau di sepanjang selatan dan timur Pulau Jawa. Tentu saja, daerah tersebut membuat sulit bagi nelayan untuk tegalan perahu mereka. Tapi, kondisi tersebut juga memutuskan bahwa Beach 'Sendang Biru', yang terletak di utara pulau Sempu ', memiliki ombak yang tenang. Karena itu, pantai ini adalah pelabuhan paling aman sepanjang bentangan selatan Samudera Hindia, dan merupakan tempat pendaratan ikan terbesar di sepanjang pantai selatan Pulau Jawa.
Manfaat 'Pulau Sempu' bagi para nelayan Pantai 'Biru Sendang' memang sangat berharga. Bentuk kokoh dengan tebing curam, menetralisir gelombang ganas laut selatan. Jadi tidak mengherankan jika kadang-kadang menemukan nelayan melakukan tes slalom di pantai 3,9 kilometer panjang dengan perairan yang tenang.
'Pulau Sempu' dipisahkan dari Pulau Jawa hanya dengan 800 meter lebar selat, yang juga digunakan sebagai pintu gerbang ke laut terbuka. Gelombang yang relatif tenang, cocok untuk memancing, mendayung berenang, atau. Sesuai dengan peta tanah, jenis tanah di kawasan pulau ini adalah senyawa 'litosol' dan cokelat kemerahan Mediterania, dan bahkan termasuk pembentukan kapur utama. Gua alami hanya ditemukan di 'Pulau Sempu' memiliki spesialisasi sendiri. Gua yang terletak sekitar 2,5 kilometer dari 'Teluk' (teluk) 'Sumber' garis pantai adalah 25 meter di atas permukaan laut dan memegang sumber air manis. Gua adalah 20 meter panjang dan lebar 3 meter dengan permukaan kering. Ini adalah tempat yang sangat strategis bagi mereka yang suka bermeditasi, atau hanya mencari kesunyian.
Sepanjang sisi selatan bahkan lebih curam, ada juga beberapa gua-gua laut. Gua laut di sepanjang timur dan tenggara sisi telah menjadi permukiman menelan banyak. Tapi, karena lokasinya yang sangat curam, tidak ada nelayan lokal berani untuk memilih sarang burung.
Kunjungan ke 'Pulau Sempu' terasa seperti berada di 'Bogor' Safari Park. Satwa liar seperti rusa, monyet hitam, babi hutan, dan macan kumbang sering menggoda lintas jalan pengunjung. Tidaklah mengherankan kemudian bahwa daerah ini sering memprovokasi pemburu untuk membelah menjadi hutan. Menurut data di Kantor Hutan Jawa Timur, daerah tersebut masih memegang 12 spesies mamalia, 36 spesies burung, dan 3 jenis reptil. Dengan berbagai flora dan fauna pengelolaan pulau, yaitu 'BKSDA' IV 'Malang', telah mengembangkan daerah tersebut menjadi tujuan wisata.
Keunikan lainnya yang dapat ditemukan di pulau ini adalah adanya dua danau, danau 'Lele' dan 'Segara Anakan'. Pada 'Lele' danau berbagai ikan hias berwarna-warni dapat ditemukan dalam kelimpahan. Sementara dari satu 'Segara Anakan' bebas dapat menikmati pemandangan laut terbuka.
Anda tidak akan menemui masalah untuk menemukan  danau ini, karena 'Malang BKSDA' IV telah membangun jalan setapak dari 'Teluk Semut' (Ant Bay). Sementara untuk mendapatkan 'Lele' Lake, 2,3 kilometer jalan setapak yang lama telah dibangun dari 'Teluk Waru dan Pantai Pasir Putih, yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki dalam 2 jam.
Selain semua keunikan mereka, 'Pulau Sempu' juga memegang tempat wisata lainnya seperti Pantai Pasir Putih, yang merupakan pintu gerbang ke pulau ini. Pemandangan alam di Pantai Pasir Putih yang juga tidak kalah menarik. Dari sini Anda dapat melihat dengan jelas semua kegiatan nelayan. Berbagai kapal dengan jangkauan dekorasi dapat dilihat datang dan pergi ke laut terbuka. Dan ketika senja turun, proses matahari terbenam ke cakrawala, juga dapat dilihat dari pantai pasir putih terang. Hal ini juga di sepanjang Pantai Pasir Putih bahwa perahu pengunjung yang ditambatkan sebelum mereka melanjutkan perjalanan ke 'Pulau Sempu'.
Meskipun statusnya adalah reservasi alam, pengelolaan 'Pulau Sempu' telah berubah ini menjadi tujuan wisata Eco-Jawa Timur. Hal ini sejalan memang dengan kondisi yang memiliki potensi wisata layak untuk ditawarkan kepada wisatawan. Dan ketika dibandingkan dengan eko-wisata tujuan lainnya, 'Pulau Sempu' memang masih terasa alami. Tapi, itu adalah bahwa benar-benar yang meninggalkan pulau ini layak sebagai tujuan Eco-wisata, pada saat yang sama tempat untuk melestarikan satwa liar di dalamnya.
Kecantikan lainnya yang dapat dialami di Pulau 'Sempu' adalah bagaimana bisa berenang di air yang sangat jernih (di 'Segara Anakan') dan untuk hobi snorkling telah mampu bermurah hati untuk menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini telah menjadi budidaya terumbu karang tanpa harus takut terseret oleh gelombang. 'Sempu punya danau yang disebutkan dengan' Segara Anakan '. Tempat ini lebih mirip dengan danau kecil yang dikelilingi batu karang membatasi nya tinggi dengan laut terbuka, selatan laut atau Laut Indonesia yang memiliki ombak besar. Pasokan air ke danau ini berasal dari karang berongga besar di tengah, yang secara periodik disajikan spot pemandangan yang indah dari berdebar air dari gelombang yang menghantam karang. Air yang mengalir masuk 'Segara Anakan'.
Selain berenang di kolam raksasa, pengunjung juga bisa bersantai di cara bermain voli pantai. Untuk yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, yang 'Sempu' Pulau memberi solusi, hanya memang tidak seharusnya berharap untuk memiliki hotel mewah, selain tempat tidur yang dilakukan secara pribadi. Dekatnya sama bisa memanjat karang yang mengorbit 'Segara Anakan', dari atas karang kita bisa melihat deburan gelombang laut terbuka yang mengikis tebing raksasa, sangat indah memang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar